Dosen UBHINUS memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk para pelaku UMKM di Jawa Timur. (Foto: Humas UBHINUS/IP)
Malang, IP – Universitas Bhinneka Nusantara (UBHINUS), yang sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Tren AI di Dunia Bisnis: Penggunaan AI untuk Marketing”. Program ini merupakan wujud komitmen UBHINUS dalam membangun kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat.
Kegiatan tersebut ditujukan bagi pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur. Melalui program ini, dosen UBHINUS memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam strategi pemasaran digital, serta menjembatani kebutuhan teknologi bagi para pengusaha kecil dan menengah agar siap menghadapi tantangan era digital.
Pelaksanaan kegiatan ini menyasar pelaku UMKM yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Sementara, pemilihan segmen didasarkan pada kerja sama strategis antara UBHINUS dengan pihak dinas, sekaligus sebagai respon terhadap kebutuhan nyata dari para pelaku usaha yang kerap mengalami kendala dalam hal pemasaran digital.
Dengan memilih kelompok UMKM, para dosen berharap dapat membantu sektor ini beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan meningkatkan daya saingnya di pasar yang semakin kompetitif. Baik itu di tingkat lokal maupun nasional, serta memberikan dampak langsung berupa peningkatan kualitas promosi dan potensi penjualan.
Para peserta mendapatkan materi aplikatif tentang penggunaan AI untuk membuat materi promosi, termasuk cara membuat foto produk secara otomatis dengan teknologi generatif dan teknik menyusun prompt yang efektif agar dapat menghasilkan konten marketing yang menarik dan relevan dengan target pasar.
Tujuan utamanya adalah agar para pelaku UMKM dapat menyusun materi promosi secara mandiri, hemat biaya, dan tetap profesional, sehingga mereka mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas strategi pemasaran yang dijalankan.
Meskipun sebagian peserta telah memiliki pengetahuan dasar tentang AI, mayoritas belum mendalami cara kerja dan manfaat praktisnya dalam konteks bisnis. Namun selama kegiatan berlangsung, peserta menunjukkan antusiasme tinggi dengan aktif berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman penggunaan AI dalam bisnis mereka.
Diskusi yang hidup ini mencerminkan ketertarikan besar sekaligus potensi perkembangan kemampuan digital di kalangan UMKM, selama diberikan pendampingan dan akses pengetahuan yang tepat, mereka mampu tumbuh lebih adaptif dan inovatif dalam menghadapi perubahan zaman.
Sebagai bagian dari program pengabdian dosen, kegiatan ini mencerminkan dedikasi UBHINUS dalam meningkatkan kapasitas masyarakat melalui pendekatan berbasis ilmu dan teknologi. Dosen UBHINUS tidak hanya menyampaikan teori, tetapi juga melibatkan peserta dalam simulasi dan memberikan contoh konkret penggunaan AI di dunia usaha.
Leave A Comment